Penugasan Dosen di Sekolah (PDS)  

Program PDS (penugasan dosen di sekolah) merupakan program hibah yang dilaksanakan di tahun 2019. Program ini melibatkan dosen untuk menjadi pengajar di sekolah –sekolah di kota Madiun. Dalam rangka mewujudkan kualitas pembelajaran di sekolah yang lebih baik, dan pengalaman belajar yang berbeda. Dua belas dosen yang di amanahi untuk menjalankan PDS di sekolah. Dr. Sudamiani, M.Pd adalah salah satunya, beliau mendapat amanah di SMAN 5 Madiun.

Pelaksanaan PDS dilaksanakan tanggal 15 Juli-18 September 2019.  PDS merupakan kegiatan yang memberikan dampak positif bagi sekolah mitra. Dibutuhkan komitmen dan adapatasi  untuk mengalami menjadi guru di sekolah mitra. Menjadi guru di sekolah bagi seorang dosen adalah hal baru.  Adaptasi dengan budaya dan lingkungan yang berbeda dengan lingkungan pembelajaran, yang sering ditemui di perguruan tinggi.

Begitu pula dengan peserta didik, dengan adanya dosen yang menjadi “guru” bagi meraka, memberikan warna baru dan semangat baru dalam belajar. Harapannya dengan adanya program hibah PDS di sekolah mitra, dapat memberikan suasana belajar dan hasil pembelajaran yang lebih baik, tidak hanya bagi dosen yang bertugas, namun juga bagi peserta didik, guru mitra dan sekolah mitra.